Simpel Tapi Kenapa Tak Terpikirkan? Begini Trik Pintar Mengatasi Tumpukan Sampah di Sungai

Hallo Sobat semuanya, apakah kalian sudah selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar nih? Upaya membersihkan lingkungan memang sudah seharusnya dilakukan oleh semua orang, di semua negara. Dari mulai membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah, hingga trik-trik khusu lainnya.


Sobat disini pasti sudah sering banget kan, menemukan tumpukan sampah di sungai. Selain bisa menyebabkan banjir, tentu banyak sekali dampak negatif lainnya. Namun ternyata permasalahan sampah yang menumpuk di sungai ini tak hanya terjadi di Indonesia saja loh. Dimana seperti negara Australia juga mengalami hal serupa.


Seperti yang telah dilansir dari liputan6.com (05/04/2019), untuk mengatasi masalah tersebut ternyata pemerintah Australia bekerja sama dengan perusahaan bernama OldCastle Precast. Perusahaan itu telah berinovasi memasang penyaringan sampah di sungai lokal di wilayah hijau Hanley Reserve.


Mereka menggunakan jaring yang berukuran sangat besar, dimana ditempatkan pada pipa-pipa aliran sungai. Dan alhasil bisa kita lihat, semua sampah di sungai bisa masuk ke jaring. Bahkan saat itu, dua jaring pertama yang dipasang berhasil menangkap sekitar 365 kg sampah selama beberapa minggu.


Dan sepertinya di Indonesia bisa meniru inovasi kreatif seperti ini kan ya? Bagaimana menurut Sobat semua? Coba deh berikan masukan kalian! Agar Indonesia bisa terbebas dari sampah-sampah sungai lagi...

Comments